Kalangan yang terpedaya dalam Ibadah Sunnahnya

 Kalangan yang terpedaya dalam Ibadah Sunnahnya
Kelompok yang lain ada yang berhasrat kepada ibadat-ibadat sunnah, namun tidak menghormati ibadat fardhu. Anda melihat mereka dengan gembiranya ketika mereka bisa melakukan shalat dhuha dan shalat lail dan shalat-shalat nawafil lainnya. Namun mereka tidak menemukan kelezatan shalat fardhu, karena dilakukan secara tergesa-gesa diawal waktu. Ia lupa dengan sabda Nabi SAW:
ما تقرب المتقربون بأفضل من أداء ما افترض الله عليهم
“Tidak ada keutamaan bertawarrub bagi orang-orang yang melakukan taqarrub, dibandingkan menunaikan ibadat yang difardhukan Allah kepada mereka”.

Meninggalkan prioritas-prioritas kebajikan termasuk tindakan buruk. Bahkan telah jelas dalam diri manusia ada dua fardhu: ada yang senjang ada yang tidak senjang. Atau dua sunnah, ada yang waktunya sempit ada yang waktunya luas. Manakala trtib prioritas ini tidak dijaga berarti ia terkena tipudaya. Analisanya sangat banyak. 

Bahwa maksiat itu jelas. Karena itu seharusnya ada prioritas ketaatan satu dengan yang lain, seperti mendahulukan yang fardhu atas yang sunnah, mendahulukan fardhu ‘ain atas fardhu kifayah, dimana fardhu ‘ain itu tidak bisa dibebaskan dengan adanya orang lain yang melakukannya sebagaimana pada fardhu kifayah. Mendahulukan fardhu-fardhu kifayah yang lebih penting kemudian fardhu ‘ain yang dibawahnya. 

Mendahulukan yang senjang sepertimemprioritaskan ibu dibanding ayah, mendahulukan nafkah kedua orangtua dibanding naik haji, mendahulukan shalat jum’at manakala waktunya telah tiba dibanding shalat hari raya, danmendahulukan kepntingan agama diatas kepentingan lain. Betapa besar yang haru dipikul hamba dengan pelaksaan dan peringatan seperti itu. Namun tipudaya dalam tertib ibadat seperti itu sangat banyak, tidak bisa menganalisa kecuali para Ulama yang menghayati ilmunya.

Di Kutib Dari :
Imam Ghazali
Kaidah-Kaidah Sufi
Keluar Dari Kemelut Tipu Daya

  1. Kalangan yang terpedaya dalam Dakwahnya - New !!
  2. Kalangan yang terpedaya dalam Tasawufnya - New !!
  3. Kalangan yang terpedaya dalam Umrohnya - New !!
  4. Kalangan yang terpedaya dalam Amaliyah Fisik - New !!
  5. Kalangan yang terpedaya dalam Hajinya - New !!
  6. Kalangan yang terpedaya dalam Ibadah Sunnahnya - New !!
  7. Kalangan yang terpedaya dalam membaca al-qur’an - New !!
  8. Kalangan yang terpedaya dalam puasanya - New !!
  9. TIPUDAYA PADA KALANGAN AHLI IBADAT DAN AHLI AMAL - New !!