Revolusi Menejemen Pendidikan Dan Dakwah Pesantren

Revolusi Menejemen Pendidikan Dan Dakwah Pesantren , tak ada maksud menggurui apalagi berusaha untuk mengkritisi sebuah lembaga pendidikan tertua yang pernah ada di indonesia , Lembaga pendidikan Islam Pesantren. Silahkan baca literatur tentang pesantren , Sejarah berdirinya dan peran sertanya dalam menyebarkan ajaran islam dan peran aktifnya memperjuangkan kemerdekaan . Pesantren telah terbukti mampu mencetak generasi yang agamis, nasionalis , ekonomis dan praktis . Hanya dengan fasilitas tapi mampu melahirkan pemikir yang luar biasa .

Terlepas apakah itu menjadi cirikhas sebuah pesantren atau mungkin ada sisi lain yang menjadi pertimbangan sendiri . Menejemen pesantren yang ada sekarang ini , sebenarnya masih bisa lebih di maksimalkan lagi bahkan bisa di bilang masih besar sekali peluang pesantren untuk merajai lembaga pendidikan dan dakwah yang ada di muka bumi ini.

Jika lembaga pendidikan lainya sudah di lengkapi dengan gedung mewah lengkap dengan fasilitasnya, baik pengajar yang bergelar doktor dan profesor dan lain sebagainya, kurikulum yang di adaptasi dari berbagai belahan bumi, ada labolatorium dan teknologi pendidikan lainya .Sementara pesantren masih menggunakan gadung seadanya , ruang belajar yang hanya berada di serambi masjid atau mushola , tak ada meja mewah, tak ada ac , dan sangat minim dari ukuran standar pendidikan modern seperti sekarang . Hanya dengan mengkaji buku-buku karya ulama klasik , tak ada buku karya ilmuan modern seperti buku kedokteran tekonologi, sain dan lain sebagainya .

Saatnya sekarang pesantren harus gerak cepat mengikuti perkembangan dunia  modern . Sudah waktunya di ponpes belajar multy bahasa agar bisa dakwah di mana mana. Punya ketrampilan untuk penunjang ekonomi , terampul bidang politik , sosial dan budaya , berperan aktif kreatif dan inovatif