Jumat, 03 Maret 2017

👉Benarkah Pembaca Surat Al Waqiah Bisa Dijauhkan dari Kemiskinan?

ALQURAN sebagai kitab yang diberikan oleh Allah Ta’ala kepada Nabi Muhammad SAW banyak mengandung keutamaan serta khasiat bagi kita sebagai manusia sebagaimana yang telah disebutkan di banyak ayat di Quran. Berikut ini salah satunya,

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاء وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ وَلاَ يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إَلاَّ خَسَار

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang zalim selain kerugian.” (QS Al-Isrâ’ [17]:82)

Di dalam Al-Quran sendiri, hampir setiap surat secara khusus mempunyai keutamaan serta manfaat masing-masing. Sebagaimana judul yang tertera, kali ini kami akan menuliskan keutamaan serta khasiat surat Al-Waqi’ah.

Keutamaan Surat Al-Waqi’ah

Telah diriwayatkan oleh Imam Baihaqi, bahwasannya Sayyidina Abdullah bin Mas’ud -semoga Allah meridhoinya- berkata,

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan.”

“Wahai Rasulullah, tampak dirimu mulai beruban.” Rasulullah -SAW- menjawab, “Yang (membuatku) beruban adalah surat Huud, Al-Waqi’ah, Al-Mursalat, An-Naba dan At-Takwir“. (HR Imam Tirmidzi, beliau berkata hadits ini hasan ghorib)

Ibnu Katsir juga mengatakan bahwa Al-Hafizh Ibnu ‘Asakir mempunyai riwayat mengenai kisah dari Abdullah bin Mas’ud.

Ketika Abdullah bin Mas’ud -semoga Allah meridhoinya- menderita sakit, beliau dijenguk oleh Sayyidina ‘Utsman bin ‘Affan dan bertanya, “Apa yang engkau rasakan?” Ibnu Mas’ud menjawab, “Dosa-dosaku.” ‘Utsman kembali bertanya, “Apa yang engkau inginkan?” Abdullah menjawa, “Rahmat Tuhanku.” ‘Utsman berkata, ”Apakah perlu aku datangkan dokter untukmu?” Abdullah menjawab, ”Dokter membuatku sakit.” ‘Utsman berkata, ”Apakah perlu aku datangkan kepadamu pemberian?” Abdullah menjawab, ”Aku tidak membutuhkannya.” Utsman berkata,”(Mungkin) untuk putri-putrimu sepeningalmu membutuhkannya?”

Abdullah bin Mas’ud menjawab, ”Apakah engkau mengkhawairkan kemiskinan menimpa putri-putriku? Sesungguhnya aku telah memerintahkan putri-putriku membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ”Barangsiapa yang membaca surat al Waqi’ah setiap malam maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya.”

Penjelasan mengapa seseorang bisa terlepas dari kemiskinan karena ayat ini barangkali bisa kita tafsirkan dengan melihat isi surat Al-Waqi’ah itu sendiri. Isi surat Al-Waqi’ah adalah menggambarkan mengenai kondisi hari kiamat serta keadaan penduduk surga dan penduduk neraka.

Sebagai seorang Muslim, hendaknya kita tidak merasa bahwa diri kita aman dari siksa neraka. Maka dari itu, ketika membaca ayat-ayat mengenai siksa neraka, kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah agar Dia melindungi kita dari siksa api neraka dan memohon ampun kepada-Nya.

👉Nah, dengan memperbanyak istighfar itulah Allah akan membukakan pintu-pintu rezeki bagi kita, Insya Allah. Begitulah kesimpulan yang kami ambil. Barangkali memang ada khasiat tersendiri sebagaimana yang telah disebutkan oleh Nabi, maka Allah Maha Kuasa untuk berkehendak seperti itu.

Memang ada hadits-hadits lemah mengenai keutamaan surat ini. Hadits-hadits lemah tersebut sama sekali tidak mengurangi keutamaan surat Al-Waqiah yang sudah disebutkan di atas tadi, justru ia boleh dijadikan tambahan untuk motivasi kita dalam membaca surat Al-Waqi’ah ini.

Editor: H. Dicky Aditya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *