Perhitungan Suara Pemilu Banyak Masalah

Seumur umur mungkin baru kali ini KPU jadi bulan bulanan massa , Rakyat menuntut perhitungan suara harus terbuka dan transparan tidak boleh satupun kegiatan perhitungan suara ini di sembunyikan . Mulai dari membuat kartu suara sampai menghitung kartu suara yang sah dan tidak sah sampai kartu rusak sekalipun . Bagus ! .

Awalnya saya santai saja menyikapi hal ini , aku pikir KPU memang lembaga indipenden yang bebas dari berbagai macam intimidasi . Tapi setelah melihat perkembangan berita akhir akhir ini ternyata masalah yang di hadapi tidak semudah yang saya bayangkan .

Kampaye hitam masih belum seberapa jahatnya , karena masih seputar tarik ulur suara rakyat . tapi kalau sudah masuk ke KPU pusat ternyata masalahnya bisa sangat fatal . di sana untuk menghapus suara rakyat sangat mudah , karena cukup mencoretkan pena maka kita bisa sesuka hati memberi jumlah suara rakyat tersebut ke siapa , mengerikan ... Artinya hiruk pikuk pemilu yang di adakan bisa tiada guna , suara rakyat yang di salurkan bisa saja terbuang sia sia cuma karena rakyat terlalu percaya dengan KPU sebagai lembaga pemungutan suara yang tentunya juga manusia .

Syukurlah jika sekarang perhitungan suara rakyat bisa terbuka , serta semangatnya rakyat mengawal jalanya perhitungan suara . Salut ... sampai ada yang menyempatkan untuk memfoto, video hasil perhitungan suara di TPS masing masing . Ini sebuah kemajuan untuk antisipasi kecurangan .

Maju indonesia , terlepas masa lalu yang mungkin saja selama ini suara rakyat hanya formaslitas belaka , mudah mudahan sejak sekarang masalah ini mulai bisa di atasi .