Gejala Penyakit Osteoporosis

Gejala Penyakit Osteoporosis
Gejala Penyakit Osteoporosis
Proses kepadatan tulang berkurang secara perlahan dan berlangsung selama bertahun-tahun tanpa kita sadari dan tanpa disertai adanya gejala. Gejala timbul pada tahap osteoporosis lanjut seperti patah tulang, punggung yang semakin membungkuk, hilangnya tinggi badan dan nyeri punggung.

Ketika kepadatan tulang sangat berkurang, tulang menjadi  hancur. Maka, timbullah nyeri tulang dan kelainan bentuk. Hancurnya tulang belakng menyebabkan nyeri punggung menahun. Tulang belakang yang rapuh dapat hancur secara spontan atau karena cedera ringan. Nyeri yang timbul dirasakan tiba-tiba di daerah tertentu di punggung. Nyeri ini akanbertambah jika penderita berdiri atau berjalan. Apabila disentuh daerah tersebut akan terasa sakit. Namun biasanya rasa sakit ini akan hilang secara bertahap setelah beberapa minggu atau beberapa bulan.

Kemudian saat beberapa tulang belang hancur, akan membentuk kelengkungan yang abnormal dari tulang belakang (punuk dowager) yang menyebabkan ketegangan otot dan sakit. Tulang lainnya dapat patah yang sering disebabkan oleh tekanan yang ringan atau karena jatuh. Salah satu patah tulang yang paling serius adalah patah tulang panggul