Smartphone Boros Pulsa

Sebenarnya ini kasus klasik , saya sudah lama sekali memperhatikan masalah ini ..   memiliki smartphone antara gaya hidup dan kebutuhan hidup . Secara hitung hitungan matematika ,menggunakan smartphone bagi kalangan menengah ke bawah jelas kurang efektif .
Seperti yang saya alami saat ini. Banyaknya fitur smartphone yang kurang begitu menunjang sarana hidup yang di perlukan ,kecuali sms ,tlphon dan sebagai penyimpan lagu foto dan video . Yang sebenarnya tidak begitu membutuhkan teknologi mahal .
Anehnya banyak orang menggunakan smartphone karena tergiur dengan berbagai fitur yang di berikan tanpa peduli apakah fitur itu bisa menunjang kebutuhan hidupnya atau sekedar gaya gayaan semata .
Maraknya iklan aplikasi chating di tv mungkin menjadi salah satu penunjang banyak orang tertarik membeli smartphone ,sekali lagi ,padahal belum tentu cocok dengan kebutuhab hidupnya .
Contoh Bbm,line,wechat,facebook,twitter dll mungkin daya tarik yang kuat untuk memikat masyarakat menggunakan smartphone . Padahal faktanya tidak seperti itu . Jika kita mau memperhatikan dengan seksama maka muncul pertanyaan sederhana "Butuh kenal berapa orang sih untuk bahagia kok sampek segitu banyaknya menggunakan aplikasi chating dan tergabung di dalamnya ?".
Bukan itu saja ,banyak yanh tidak sadar juga bahwa aplikasi tersebut terus menyedot pulsa jika ingin menggunakanya . Di sinilah kita harus mempertimbangkan betul sebelum menggunakan smartphone atau tidak . Dari segi fungsi dan ekonomi . Jika memang bisa menunjang segi fungsi dan ekonomi ,tak ada masalah dengan smartphone . Tapi jika hanya untuk lebay diri , mending urungkan dulu niat anda ,sebelum mati kutu di dunia maya dan jatuh miskin secara nyata karena harus membeli pulsa yang tak sedikit jumlahnya .