Handphone VS Smarphone Dari Segi Fungsi Dan Efektifitas Android Nokia E63

Baru baru ini ada rencana untuk beli handphone , rencananya sih hp samsung adroid yang touchscreen getu , tapi karena saya dulu pernah memiliki android samsung jadul yang bentuknya mirip telur , akhir cerita keinginan membeli handphone android saya tunda dan saya coba coba cek ulang apa tujuan saya menggunakan Handphone .Berikut ini hasil analisa saya pribadi terkai Efektifan mana antara Smartphone dan handphone , kalau istilah sekarang antara phone seluler dan mobile . 

Istilah mobile sebenarnya bukan hal yang baru , terbukti saya online internet berawal dari handphone nokia seri 6600 yang saat itu termasuk hp canggih pada jamanya . dan sampai sekarang saya masih menggunakan hp nokia untuk melakukan kegiatan onlina yaitu N73 sama E63 , tak ada masalah apapun dengan kegiatan online saya , buka fb,twitter,kirim email atau chatingan , semua bisa saya lakukan dengan mudah dan biaya relatif murah , karena handphone tersebut mendukung aplikasi browser hemat pulsa yaitu operamini dan aplikasi chating yang hemat juga seperti mig33,jmirc,2go dan lain sebagainya , bahkan sampai kegiatan ngeblog saya juga masih sering menggunakan Hp saja, mau aploud foto,aploud video juga biasa saja dan tidak ada kendala yang berarti . 

Android satu nama yang pernah bikin ngiler hatiku, penasaran seperti apa hp android buatan samsung , kemudian saya membeli hp tersebut , akhir cerita saya putus hubungan dengan android , alasanya sederhana . Kalau nokia jadulku saja masih bisa memenuhi kebutuhanku kenapa pindah merk lainya itu alasan utama , lantaran penasaran mungkin ada kelebihan lain yang mendasar dan sesuai kebutuhan yang tidak di sediakan Hp nokia, akhirnya hp android tersebut aku pegang selama 3 bulan , dan akhirnya saya simpulkan .
Android itu layar lebar dan besar , ini jelas menghabiskan pulsa , jika dengan nokia saja saya hanya butuh 10 kb untuk akses fb , maka android bisa mencapai 100 kb perloading , dari segi akses datanya saja sudah boros pulsa, belum lagi kalau ada aplikasi yang selalu terkoneksi dengan internet . wah bisa tambah ngowos tuh pulsa .

Selain boros pulsa , android juga boros batrey , android saya saat itu batrey hanya kuat untuk 2 jam kurang dikit untuk online , beda sekali dengan nokia , saya menggunakan nokia e63 , saya bisa online 4 jama nonstop saat browsing dengan operamini, dan bisa online 3 jam nosntosp chating dengan mig33 . 

Soal aplikasi seperti game, cahtingan atau apalah intinya aplikasi kebutuhan setiap hari kita , Android aplikasinya rata rata aplikasi yang menurut saya kurang penting banget , bagaimanapun handphone di kehidupan saya itu tak lebih sebatas buka email,fb,blog,foto dan video dan paling penting adalah operamini , karena ini senjata pamungkas untuk mencari ilmu dengan baca artikel .

Touchscreen , tidak bisa menjadikan aku untuk simpati dengan android, karena tcouhscreen kan juga bukan teknologi baru , dia sudah ada sejak jaman dulu jadi itu bukan keistimewaan .

Saya kira itu saja alasan saya ga pindah hp dan saat ini saya masih setia di nokiae63 . Tapi karena sepertinya ada sistem manipulasi pasar di mana seakan ada pemaksaan bahwa pengguna hp jadul bisa ga bisa harus menggunakan smartphone dengan terpaksa saya saat ini mencari handphone terbaik yang efektif yang bisa memenuhi kebutuhan tanpa membebani soal biaya dalam hal tentu pulsa. Saya ingin teknologi smartphone yang hemat pulsa , aku tidak mampu punya handphone layar lebar karena uangku ga besar , ini sangat mengganggu aku . 
Saat ini aku tidak bisa aploud foto dan video via gmail, tak bisa posting blogspot via hp , karena pihak google sepertinya memang lagi mengadakan revolusi besar besaran tanpa memikirkan korbanya, yang dia pikir pokok android laris iklanya juga laris , karena android kan memang robot mereka . entahlah apakah saya akan terus menggunakan produk google atau tidak , jika menggunakanya terpaksa nambah biaya sepertinya saat ini mending saya pindah ke lain layanan saja yang lebih familiar dengan kemampuan saya . 
Yahoo sejak emailnya tidak bisa di buka dengan handphone sejak itu pula saya jarang buka yahoo, mungkin google akan menyusul .