Tentang Kebakaran Hutan

Lagi rame tentang kebakaran hutan yang asapnya sampai antara negara. Bertebaran berita berita dan opini , presiden jadi sorotan, satu satunya orang yang paling di salahkan dan dapat tekanan , maklum presiden.

Saya tidak bahas tentang apa dan mengapa serta bagaimana solusinya , jelas di sini banyak ahlinya ,mulai dari ahli berkata berkata sampai ahli yang di gaji oleh negara.

Kadang saya heran saja , setiap ada permasalahan larinya langsung kepada presiden . Media beritapun seakan kompak untuk fokus satu titik pemberitaan pada satu tokoh yang punya nama besar ,siapa lagi kalau bukan kepala negara .

Kok tidak menyinggung instasi terkait setempat . Namanya kebakaran hutan ya harusnya ke dinas perhutani. Siapa penanggung jawabnya dan bagaimana kinerjanya kok sampai hutanya terbakar.

Kenapa tidak ada langkah antisipasi sebelumnya , padahal kebakaran hutan itu terjadi bukan sekali ini saja. Nyaris setiap tahun selalu ada saja hutan yang terbakar.

Entah ada apa dengan negeri ini , banyak instasi bergaji tapi seakan mati suri , seakan tanpa tindakan sebelum ada tekanan.

Entahlah