Jangan Berikan Nasehat Ini Pada Orang Sombong

orang susah
orang susah
Jangan Berikan Nasehat Ini Pada Orang Sombong - saya sering dengar bahkan saya sendiri mengalami , saat saya adu argument dengan orang yang menurutku terlalu mengandalkan intelgensi kurang menggunakan nurani , sampai saya berkesimpulan bahwa benar , pintar , bodoh, menang, kalah itu relativ toh semua kembali pada diri masing- masing .

Jika di telusuri lebih jauh sebenarnya dunia ini tak bisa di simpulkan dengan hanya beberapa rumusan saja , karena banyak sekali masalah kehidupan yang di luar logika rata-rata , sebagai contoh saja adalah masalah umum yang terkait dengan hukum baik hukum negara , hukum adat dan hukum agama , contoh kasus sebagai berikut :

Ada orang itu mencuri , berbohong , bahkan membenci  , jika di ukur dengan hukum yang ada dan di akui , maka tindakan orang tadi tentu melanggar hukum yang berlaku tapi entah karena dasar apa kok bisa bisa nya prilaku salah tersebut malah menjadikan dirinya percaya diri bahkan berani memarahi orang yang di curi, di bohongi dan di benci . inilah yang saya maksud adu argument dengan orang yang sudah tidak punya nurani .

 Jika iman bicara maka semuanya akan baik-baik saja, jika dia salah maka siap di hukum demi perubahan dan siap nanggung resiko tanpa berharap kemakluman apalagi mencari jalan untuk pembenaran , ataupun di lupakan , masalah tetap masalah , salah tetap salah , yang bisa di perbuat hanyalah berdoa pada yang maha kuasa .Lain jadinya jika ada orang salah terus beralibi untuk mencari dasar pembenaran diri  yang ada malah melahirkan masalah-masalah lainya . misalnya saja adalah kebohongan , banyak orang bilang 1 kebohongan akan menarik kebohongan lainya .

Bagi pembaca yang merasa di hancurkan di injak injak karena melakukan sesuatu atas dasar iman yang sesuai ajaran , misalnya tolong menolong tanpa pamrih tapi di tuduh caper, mencari rizki halal tapi di persulit, di dramatisir hidupnya oleh orang-orang yang merasa di rugikan atas kehadiran anda sebab mungkin saja dengan adanya anda maka aibnya takut terbuka padahal anda enjoy saja, dan lain sebagainya intinya hidup ini memang susah serba salah , maka nasehat ini cocok untuk di baca .

Tapi jika anda termasuk tipe orang yang iri dengan kesuksesan orang lain , orang yang ingin lari dari kenyataan bahwa anda memang orang bersalah , atau anda tipe manusia yang ingin menguasai sesuatu yang bukan miliknya atau orang yang merasa tersaingi maka jangan gunakan nasehat ini , karena hanya akan menumpuk dosa saja , dan anda sendiri yang akan celaka.

Berikut nasehat untuk anda yang ingin menjadi orang baik dan ingin istiqomah dalam ibadah .
1. Membesarkan rasa syukur dengan cara melihat orang di bawah kita secara global .
2. Berkumpul dengan teman , tetangga intinya bersosial
3. Jangan mengasingkan diri
4. Cari tantangan baru yang positif misalnya shalat berjamaah selama 40 hari , katham al-quran setiap bulan dll
5. Jangan dendam
6. Selalu berdoa pada Allah
7. Bangun terus potensi yang kita punya
8. Berfikir positif atas segala yang telah terjadi
9. Ingat kematian
10.Ingat negeri akherat surga dan neraka 

Dan masih banyak lagi bagaimana cara mengembalikan gairah hidup supaya selalu semangat untuk berbuat baik , tanpa perlu dendam benci bahkan mencaci, jika kita sebagai pengamal ibadah yang sedang di uji oleh Allah mudah mudahan langkah tersebut bisa menjadikan kita tambah sabar,amin...