Gejala penyakit jantung koroner sering tak disadari

 Gejala Penyakit Jantung
Gejala penyakit jantung koroner sering tak disadari oleh penderitanya dan dianggap hanya nyeri biasa. Gejala-gejalanya antara lain:
1. Angina pectoris alias nyeri dada stabil (dapat diprediksi), umumnya berlangsung 2 sampai 3 menit dan tidak lebih dari 10 menit. Nyeri ini dapat dirasakan ketika berjalan naik (jalanan menanjak atau tangga), melawan angina yang kencang, dapat pula setelah melakukan pekerjaan yang enteng seperti memakai baju. Rasa nteri akan semakin hebat ketik audara dingin semisal olahraga setelah makan atau usai jalan-jalan pagi. Nyeri akan hilang ketika langsung beristirahat. Angina pectoris disebut juga sebagai kejang jantung.
2. Angina pectoris tak satbil, terjadi kala arteri koroner terus menyempit lebih jauh atau gumpalan darah terbentuk dipermukaannya. Kita-kita hanya dapat berjalan jarak pendek sebelum merasakan sakit atau merasa sakit sewaktu mengerjakan pekerjaan ringan disekitar rumah. Terkadang mungkin terjaga dari tidur oleh serangan angina.
3. Serangan jantung, nyerinya seperti angina, tetapi tidak seperti angina yang hilang saat istirahat, serangan ini justru memburuk. Sering orang yang mengalaminya merasa bahwa ini adalah nyeri terburuk sepanjang hidupnya. Seseorang yang mendapat serangan jantung dapat terlihat abu-abu, berkeringat, dan terasa dingin jika disentuh. Orang tersebut sering merasa sakit bahkan sampai muntah. Beberapa orang yang mendapat serangan jantung yang sebelumnya belum pernah mempunyai gejala penyakit jantung-serangan akan dating mendadak. Kebanyakan, beberapa sakit nyeri timbul hilang dalam hitungan beberpapa minggu atau bulan sebelum pembulu darah secara bertahap menyempit. Pada tahap gejala ini sebagian otot jantung telah mati akibat kekurangan oksigen.
4. Palpitasi (jantung berdebar) yakni perasaan (sensasi) yang tidak menyenangkan karena denyut jantungnya tidak teratur.
5. Sesak nafas, terjadi kala jantungnya tidak memompa dengan benar. Mungkin agal sulit berbaring datar di ranjang atau bangun tengah malam karena sulit bernafas. Tidak menutup kemungkinan terjadi batuk berbusa atau beriak (sputum) yang mengandung bercak darah.

Pada gagal jantung, jumlah darah yang dipompakan setiap menit tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi (sari makanan) dalam tubuh. Pada usia lanjut penyebab utama gagal jantung adalah hipertensi dan penyakit jantung koroner. Sementara itu penyakit jantung yang disebabkan oleh hipertensi terjadi pada kurun waktu yang relative lama dan biasanya pada hipertensi yang tak terkontrol.
Gejala awal ari penyakit jantung hipertensi hampir tidak dapat dirasakan sampai terjadi gagal jantung kongestif. Gejala yang sering dijumpai yaitu sesak nafas dengan batuk dimalam hari, sembab (edema) dan ketika beraktifitas cepat lelah dan sesak nafas, nadi cepat dan tidak teratur, jantung berdebar-debar, tangan atau kaki bengkak.

  1. 7 Resep Herbal Untuk Kesehatan Jantung - New !!
  2. Gejala penyakit jantung koroner sering tak disadari - New !!
  3. HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT JANTUNG - New !!
  4. Pengobatan Penyakit Jantung Menggunakan Herbal - New !!
  5. Penyakit Jantung Negara-negara maju - New !!
  6. Sebab-sebab Penyakit Jantung Koroner - New !!