HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT HIPERTENSI

HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT HIPERTENSI

Sekilas Tentang Penyakit Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatau keadaan ketika seseorang mengalami peningkatan tekanan darah tinggi di atas normal atau kronis (dalam waktu yang lama). Hipertensi merupakan suatu kelainan yang sulit diketahui oleh tubuh kita sendiri. Seseorang baru merasakan adanya hipertensi setelah terjadi komplikasi seperti timbulnya gangguan fungsi jantung, fungsi ginjal, gangguan fungsi kognitif atau stroke.

Tekanan darah normal, yakni kurang dari 120/80 mmHg. Hipertensi biasanya terjadi pada tekanan darah 140/90 mmHg ke atas, diukur di kedua lengan 3 kali dalam jangka beberapa minggu. Tekanan darah adalah kekuatan dorongan darah terhadap dinding arteri. Darah diangkut dari jantung ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Bila terjadi tekanan berlebihan pada dinding arteri maka dapat merusak pembuluh darah yang memicu rusaknya organ vital tubuh. 

Bila yang terjadi adalah penyumbatan atau putusnya pembuluh darah diotak maka resikonya bisa terkena serangan strok. Jika terjadi penyumbatan pembuluh aorta yang ada dijantung maka resikonya adalah terkena serangan jantung atau gagal jantung.

Salah satu akibat hipertensi adalah rusaknya pembuluh darah arteri pudenda, yaitu pembuluh darah yang mengalirkan darah kea lat kelamin pria. Jika pembuluh darah ini rusak, tertutup bahkan putus mengakibatkan disfungsi ereksi permanent alias impotent seumur hidup.