Gejala Penyakit Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal - Pada penyakit ginjal kronis, gejala-gejalanya berkembang secara perlahan. Pada awalnnya tidak ada gejala sama sekali, kelainan fungsi ginjal hanya dapat diketahui dari pemeriksaan laboratorium. Pada penyakit ginjal kronis, ringan sampai sedang, gejalanya ringan meski terdapat peningkatan urea dalam darah. Pada stadium ini terdapat beberapa hal antara lain;
1. Nokturia, penderita sering berkemih dimalam hari karena ginjal tidak dapat menyerap air dari dari air kemih, akibatnya volume air kemih bertambah.
2. Tekanan darah tinggi karena ginjal tidak mampu membuang kelebihan garam air. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke atau gagal jantung.
3. Penimbunan limbah metabolic dalam darah semakin banyak, selanjutnya penderita menunjukkan gejala-gejala:
a. letih dan mudah lelah
b. kedutan otot, kelemahan otot dan kram
c. perasaan seperti tertusuk jarum pada anggota gerak
d. hilangnya rasa di daerah tertentu
e. kejang terjadi jika tekanan darah tinggi atau kelainan kimia darah menyebabkan kelainan fungsi otak.
f. Nafsu makan menurun, muntah dan mual
g. Peradangan lapisan mulut (stomatitis)
h. Rasa tidak enak dimulut
i. Kekurangan nutrisi
j. Penurunan berat badan.
4. Pada stadium sangat lanjut, penderita dapat menderita ulkus (luka terbuka) dan pendarahan saluran pencernaan. Kulit berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Kadang kala konsentrasi urea sangat tinggi sehingga terkristalisasi dari keringat dan membentuk serbuk putih di kulit (bekuan uremik). Beberapa penderita merasakan gatal diseluruh tubuh.