Gejala Penyakit AIDS

Gejala Penyakit AIDS
Gejala Penyakit AIDS - Masa seseorang terinfeksi HIV sampai ke AIDS berbeda-beda, tergantung pada gaya hiudp dan asupan gizi yang masuk. Virus HIV menyerang kekebalan tubuh, maka sakit ringan pada orang normal dapat sangat berbahaya pada penderita AIDS. Cara untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi HIV adalah melalui tes darah, jadi tidak dapat mengira-ngira dari gejala yang muncul saja. Apabila sudah memasuki fase AIDS, maka gejala awal yang timbul adalah;
1.    demam
2.    kehilangan berat badan secara drastic
3.    lemah
4.    kelenjar membengkak
5.    sakit kepala

Gejala selanjutnya adalah terjadi penurunan kekebalan tubuh sehingga muncul penyakit-penyakit semisal pneumonia, kanker getah bening dan infeksi kulit dan mulut.
HIV dan virus-virus sejenisnya (seperti SIV dan FIV –feline Immunodeficiency virus- lentivirus yang menyerang kucing rumah diseluruh dunia) umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membrane mukkosa) atau aliran darah dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan pra-ejakulasi dan air susu ibu. Penularan bias melalui hhubungan intim (vaginal, anal, atapun oral), tranfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya denagn cairan-cairan tubuh tersebut.