HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT TUBERKULOSIS

HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT TUBERKULOSIS - Sekilas Tentang Penyakit Tuberkulosis Penyakit tuberculosis dapat menyerang siapa saja, tidak memandang tua maupun muda. Setiap tahun, Indonesia bertambah seperempat juta kasus baru tubekulosis dan sekita 140.000 orang meninggal. Bahkan Indonesia adalah Negara ke-3 terburuk yang bermasalah dengan tuberculosis setelah India dan China.

Tuberculosis sering disingkat menjadi TB/TBC, adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi kompleks Mycobacterium tuberculosis. Hamper seluruh organ dapat diserang bakteri ini seperti usus, tulang, dan kulit, tetapi yang banyak diserang adalad paru-paru. Hal ini disebabkan sifat Mycobacterium tuberculosis yang aerob, artinya dalam melangsungkan hidupnya bakteri ini suka jaringan yang kaya oksigen.

System kekebalan tubuh yang terinfeksi tuberculosis biasanya menghancurkan bakteri atau menahannya ditempat terjadinya infeksi. Kadang bakteri tidak dimusnahkan, tetapi berada dalam bentuk tidak aktif (dormant) di dalam makrofag (sejenis sel darah putih) selama bertahun-tahun. Sekitar 80% infeksi tuberculosis terjadi jika system kekebalab tubuh penderita menurun (misalnya karena AIDS, pemakaian kortokosteroid, atau lanjut usia). 

Bakteri yang tinggal di dalam jaringan parut akibat infeksi sebelumnya (biasanya dipuncak salah satu atau kedua pru-paru) mulai berkembang biak pada infeksi tuberculosis tyang baru, bakteri dapat pindah dari luka di paru-paru ke dalam kelenjar getah bening yang berasal dari paru-paru. Jika system imun alami dapat mengendalikan infeksi, infeksi tidak akan berlanjut dan bakteri manjadi dormant. Namun jika system pertahanan tubuh buruk maka infeksi menjadi leluasa menyebar.

Pada anak-anak kelenjar getah bening membesar dan menekan tabung bronchial lali memicu batuk atau bahkan penciutan paru-paru. Kadang bakteri naik ke saluran getah bening dan membentuk sekelompok kelenjar getah bening di leher. Infeksi pada kelenjar getah bening ini dapat menembus kulit dan menghasilkan nanah.
Pada pria, infeksi juga dapat menyebar ke prostate sehingga menyebabkan terbentuknya benjolan di dalam kantong zakar. Pada wanita, dapat menyerang indung telur dan salurannya sehingga terjadi kemandulan. Infeksi dapat menyebar ke persendian yang menyebabkan tuberculosis tulang. Infeksi yang mneybar ke organ-organ lain juga akan menimbulkan variasi tuberculosis yang lain, semisal infeksi system saraf otak yang dapat memicu terjadinya koma.