HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT GINJAL

Sekilas Tentang Penyakit Ginjal - Setiap hari kedua ginjal kita memproses sekitar 200 liter darah untuk menyaring atau menghasilkan sekitar 2 liter sampah dan kelebihan air. Sampah dan ekstra air ini akan menjadi urine. Selain membuang smapah-sampah yang sudah tidak terpakai gijla juga berfungsi sebagai pabrik penghasil 3 hormon penting, yaitu:
1. eritropoietin (EPO) yang merangsang sum-sum tulang pembuat sel-sel darahmerah atau eritrosit
2. fenin yang membantu mengatur tekanan darah
3. bentuk aktif vitamin D atau kalsitriol yang membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan kimia dalam tubuh.

Ketika ginjal rusak ginjal tak dapat mengolah air dengan sempurna menjadi urine, misalnya kita minum 2 liter sehari jika ginjal bermasalah yang dapat dioplah menjadi urine hanya 1,5 liter atau 1 liter saja. Sisanya yang tidak dapat dioleh akan lari kepaha, badan, tangan, wajah, dan sebagian lain menjadi racun. Kemudian karena tubuh penuh air maka kita jadi gemuk.

Profesor Zheng dari RS Union Medical Peking mengemukakan bahwa masyarakat yang begitu sibuk sering kurang minum air dan punya kebiasaaan menahan kencing maupun buang air besar. Kebiasaan kurang baik itu tidak menguntungkan bagi tubuh dan organ ginjal. Padahal orang harus mengonsumsi air yang cukup dan berkemih cukup pula untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Pembuangan kemih yang tidak lancer dapat mengakibatkan infeksi dan gangguan fungsi ginjal. Apabila gangguan fungsi ginjal ini telah berlangsung lama maka dapatmemicu terjadinya gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis. Gagal ginjal artinya ginjal yang rusak tidak dapat menjalankan fungsinya sebagia penyaring urine sehingga sisa-sisa racun dan kotorang yang yang seharusnya dibuang justru menumpuk dalam darah. Yang sering terjadi kemudian penderita harus melakukan cuci darah.

Hasil penelitian yanbg dipublikasikan di American Journal Of Kidney Disease, hampir dari setengan penduduk yang memiliki panyakit ginjal umumnya tidak mengatahui ada yang salah dengan ginjalnya. Bahkan diperkirakan pada 2015 sebanyak 36 juta orang akan meninggal karena penyakit ginjal kronis.