HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT OSTEOPOROSIS

HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT OSTEOPOROSIS
HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT OSTEOPOROSIS Sekilas Tentang Penyakit Osteoporosis Tulang adalah peyangga tubuh ita. Apa jadinya jika tulang mudah patah? Tentunya kita akan mengalami kesulitan dalam beraktifitas. Osteopoprosis merupakan kelainan yang ditandai dengan berkurangnya massa tulang dengan cepat.pada tulang normal sesalu terjadi pembentukan dan penipisan tulang.

 Proses tersebut menjaga massa tulang agar tidak terlalu berat sehingga tidak mengganggu proses pergerakan. Tulang normal dibentuk oleh protein yang disebut kolagen dan mineral kalsium. Ketika osteoporosis penyerang, terjadilah kekosongan deposit kolagen dan kalsium pada tulang. 

Penurunan deposit ini membuat tulang menjadi tipis. Kondisi tulang ini sangat lemah dan mudah patah dengan benturan ringan sekalipun. Menurut penelitian di Amerika, lebih dari 20 juta orang menderita osteoporosis dan 1,3 juta diantaranya mengalami gejala patah tulang. Meski yang sering patah adalah tulang belakang, patah tulang pinggul adalah konsekuensi paling serius dari osteoporosis. 

Menurut statistic di Amerika Serikat 15 dari 100 wanita di atas 50 tahun rentan patah tulang pinggul. Dari kasusu ini, hanya 33% yang dapat pulih seperti sediakala, 20% meninggal di tahun pertama, sisanya lumpuh atau harus menjalani terapi secara teratur. Menurut Departemen Kesehatan AS, angka kematian akibat patah pinggul mencapai 35%. Bagaimana dengan di Indonesia? Data penelitian Departemen Kesehatan (DEPKES) tahun 2006 menunjukkan bahwa 1 dari 5 orang Indonesia rentan terkena penyakit oeteoporosis. Bila diperkecil ruang lingkupnya, pada wainta, 1 di antara 3 wanita mengalami osteoporosis.