Sebab-sebab Umum Penyakit Kanker 2

 Sebab-sebab Umum Penyakit Kanker
Di Negara-negara berkembang umumnya kanker ditemukan 80% berada pada stadium lanjut sehingga sukar disembuhkan. Hal ini mungkin disebabkan masih banyak orang takut atau malu memeriksakan diri ke dokter. Sebab lain, masyarakat tidak tahu bagaimana melakukan deteksi dini (melalui gejalanya).
Prof Dr. Li Peiwen, seorang ahli kanker dan obat tradisional Cina pernah berkata bahwa Indonesia sangat kaya tanaman berkhasiat anti kanker, jauh lebih kaya daripada Cina dan lebih bagus mutunya. Tapi angka kejadian kanker di Indonesia lebih tinggi daripada di Cina karena orang Indonesia suka makan gorengan.
Apa yang terjadi sebenarnya? Ternyata, minyak goring yang dipakai berulang-ulang mengalami dehidrasi (kehilangan air dari minyak) sehingga membuat minyak semakin mengental dan memicu pembentukan radikal bebas (molekul yang mudah bereaksi dengan unsure lain). Proses ini mengsilkan zat yang bersifat toksin (berefek racun) bagi manusia. Pada dosis 2,5% dalam makanan zat ini mengakibatkan keracunan yang akut pada tikus setelah tujuh hari masa percobaan.
Secara umum, penyakit kanker disebabkan oleh beberapa hal seperti di Bawah ini Sebab-sebab Umum Penyakit Kanker satu
4. Virus
Virus yang dicurigai dapat memicu timbulnya kanker diantaranya:
a. Virus Palilloma, menyebabkan kutil alat kelamin (genetalis) yang disinyalir merupakan salah satu penyebab kanker leher rahin (serviks).
b. Virus Sitomegalo, menyebabkan sarcoma Kaposi (kanker system pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah)
c. Virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati
d. Virus Epstein-Bar (di Afrika) menyebabkan limfoma burkitt sementara dicina menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan.
e. Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan Limfoma dan kanker darah lainnya.
5. Infeksi
Beberapa infeksi yang dapat menyebabkan kanker antara lain:
a. Parasit schistosoma (biharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi menahun pada kandung kemih.
b. Inveksi oleh clonorchis menyebabkan kanker pancreas dan saluran empedu.
c. Helicobacter pylori adalah salah suatu bakteri yang mungkin merupakan penyebab kanker lambung, dan diduga bakteri ini menyebabkan cedera dan peradangan lambung kronis sehingga terjadi penigkatan kecepatan siklus sel.

6. Factor perilaku
Beberapa perilaku yang memicu kanker diantaranya adalah:
a. Merokok, mengonsumsi makanan yang berlemak, daging yang diawetkan, dan minuman alcohol.
b. Perilaku seksual yang sering berganti-ganti pasangan dapat menularkan virus kanker leher rahim. Seks oral juga memicu kanker rongga mulut.

7. Gangguan keseimbangan hormonal
Hormone estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker sedangkan progesterone melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Kelebihan hormone estrogen dan kekurangan hormone progesterone meningkatkan resiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim, kanker prostate dan kanker buah zakar pada pria.

8. Factor kejiwaan atau emosional
Stres yang berat mendorong timbulnya gangguan keseimbangan tubuh. Keadaan tegang yang terus menerus dapat memengaruhi sel akibatnya sel menjadi hiperaktif dan sifatnya berubah ganas sehingga menyebabkan kanker.

9. Radikal bebas
Radikal bebas berasal dari produk sampingan proses metabolisme dan dari luar tubuh berupa racun-racun kimiwi seperti yang terdapat dalam makanan, minuman, udara yang terpolusi dan sinar ultraviolet. Radikal bebas juga diproduksi secara berlebihan (berdampak pad proses metabolisme) atau bila kita dalam keadan stress berlebihan baik stress secara fisik, psikologis maupun biologis.