Sebab-sebab Penyakit AIDS

Gejala Penyakit AIDS
Sebab-sebab Penyakit AIDS - AIDS disebabkan oleh virus HIV (Human Imunodeficiency Virus) yang masuk ke dalam tubuh mannusia. HIV dengan cepat akan melumpouhan system kekebalan tubuh manusia.
HIV merupaka bagian dari kelompok virus yang disebut Lentivirus yang ditemukan pada primate non-manusia. Secara kolektif Lentivirus diketahui sebagai virus  monyet yang dikenal dengan Simmian Immunodeficiency Virus (SIV). HIV merupakn keturunan dari SIV. Jenis SIV tertentu mirip dengan dua tipe HIV, yakni HIV-1, dan HIV-2 yang menyerang salah satu sel darah putih yaitu sel limfosit. Penderita HIV belum tentu akan berlanjut ke fasu AIDS, sedang penderita AIDS sudah pasti mengidap HIV.
Pengidap HIV yang sudah memasuki tahap AIDS dapat meninggal hanya karena flu, radang paru-paru, atau diare yang tidak berkesudahan. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuh penderita tidal lagi berfungsi untuk mengatasi  kuman dan infeksi yang ada. Oleh sebab itu, infeksi bertambah parah dan akhirnya membuat penderita meninggal.