Sebab-sebab Umum Penyakit Kanker

Sebab-sebab Umum Penyakit Kanker
Di Negara-negara berkembang umumnya kanker ditemukan 80% berada pada stadium lanjut sehingga sukar disembuhkan. Hal ini mungkin disebabkan masih banyak orang takut atau malu memeriksakan diri ke dokter. Sebab lain, masyarakat tidak tahu bagaimana melakukan deteksi dini (melalui gejalanya).
Prof Dr. Li Peiwen, seorang ahli kanker dan obat tradisional Cina pernah berkata bahwa Indonesia sangat kaya tanaman berkhasiat anti kanker, jauh lebih kaya daripada Cina dan lebih bagus mutunya. Tapi angka kejadian kanker di Indonesia lebih tinggi daripada di Cina karena orang Indonesia suka makan gorengan.
Apa yang terjadi sebenarnya? Ternyata, minyak goring yang dipakai berulang-ulang mengalami dehidrasi (kehilangan air dari minyak) sehingga membuat minyak semakin mengental dan memicu pembentukan radikal bebas (molekul yang mudah bereaksi dengan unsure lain). Proses ini mengsilkan zat yang bersifat toksin (berefek racun) bagi manusia. Pada dosis 2,5% dalam makanan zat ini mengakibatkan keracunan yang akut pada tikus setelah tujuh hari masa percobaan.
Secara umum, penyakit kanker disebabkan oleh beberapa hal seperti di Bawah ini
1. Factor keturunan
Beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi menderita kanker tertentu dibandingkan keluarga lain. Jenis kenaker yang cenderung ditunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit, dan kanker usus besar. Sebagai contoh, resiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1,5 sampai 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara.

2. Factor lingkungan
Merokok meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih. Si Negara maju alcohol menjadi dalang penyakit kanker hati. Sinar ultraviolet dari matahari dapat memicu kanker kulit. Radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) dalam sinar roentgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom dapat memicu kanker. Contohnya, orang yang selamat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada perang dunia II, berisiko tinggi menderita kanker sel darah, seperti leukemia.

3. Factor makanan
Jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker antara lain:
a. makanan yang diasap atau diasamkan (dalam bentuk acar) dapat menigkatkan resiko terjadinya kanker lambung.
b. Minuman yang mengandung alcohol menyebabkan resiko tinggi terhadap kenker kerongkongan.
c. Zat pewarna dan pengawet makanan yang dikosumsi secara kontinu memicu kanker kelenjar getah bening.
d. Logam berat seperti merkuri sering terdapat pada makanan laut yang tercemar atau yang mengandung dioxin akibatnya memicu beragam kanker.

Peneliti Senior Puslitbang Ekologi Kesehatan, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Kesehatan, Dr Gindo Simanjuntak, MPH menuturkan bahwa ikan salmon terkontaminasi dioxin bukan hal yang aneh, bahkan hamper semua makanan kaleng potensial mengandung dioxin. Banyak kemungkinan dapat terjadi, semisal saat peruses pembuatan makanan kaleng. Ketika pemrosesan dilakukan terjadi pemanasan yang terlalu lama sehingga timbul dioxin.
Kemungkinan lain seperti musibah yang terjadi tahun 1960-an disekitar telluk minamata. Sebuah pabrik pengolahan minyak yang diproses produksi bahan makannya menggunakan merkuri. Limbah merkurinya kemudian dibuang ke sungai hingga keteluk MInamata. Trgisnya kebiasaan orang Jepang yang sring makan ikan tanpa dimatangkan dulu (sashimi), membuat masyarakat sekitar teluk Minamata terlanjur mengonsumsi daging ikan dari perairan tersebut akhirnya keracunan. Akibatnya terjadi kerusakan pada sel-sel otak seperti gerakan-gerakannya tidak terkoordinasi, mata juling dan sulit makan.  Sebab-sebab Umum Penyakit Kanker 2