4 Cara Mencari Pelanggan Ideal Yang Tepat
Pengusaha atau pemilik usaha sering mendapatkan profile pelanggan yang tidak sesuai dengan produk yang di jual , misalnya saja pemilik usaha jual blog tapi pengunjungnya adalah orang yang belajar blog , Usaha Hosting Dan Domain pengunjungnya adalah orang yang sedang mencari domain dan hosting gratisan, parahnya lagi ketika ada pengunjung yang hanya sekedar konsultasi atau sedang belajar buat blog . heheheh
Bagaimana supaya antara bisnis kita di kenal oleh calon pelanggan yang tepat , supaya dagangan kita terjual dan pekerjaan kita tidak terganggu , seperti yang pernah saya alami " Saya jualan blog tapi malah kedatangan tamu orang yang ingin belajar membuat blog " heheheh repot jadinya .
Berikut Ini adalah cara mencari pelanggan ideal yang tepat , walau tidak 100% baik tapi setidaknya bisa mengurangi datangnya orang yang sekedar iseng atau hanya konsultasi tanpa membeli.
Cara Pertama : Pastikan Kriteria Pelanggan yang kita inginkan
Jika belum punya gambaran , silahkan buat gambaran pelanggan yang sesuai dengan produk anda.
- Seperti apa pelanggan yang anda inginkan ?
- Usia berapa kira-kira pelanggan yang cocok dengan produk anda ?
- Profesi pelanggan yang bagaimana ?
- Kelas ekonomi pelanggan yang seperti apa ?
Dll sebagainya
Cara kedua : Kelompokan pelanggan
Berdasarakan langkah pertama , lalu buatlah kelas pelanggan menurut penilaian kita , misalnya
- Pelanggan istimewa
- Pelanggan Sedang
- Pelanggan Biasa
Cara Ke Tiga : Undang atau Cari pelanggan yang sudah di tentukan
Pelajari dengan baik hingga kita mengenal betul tentang pelanggan kita , jika ada satu orang membeli blog untuk kebutuhannya, tidak menutup kemungkinan di luar sana banyak juga orang yang butuh blog , sambil mengambil pengetahuan dari tipe tipe orang yang butuh blog itu seperti apa . Lalu kita kembali ke langkah pertama untuk menambah spisifikasi dalam menargetkan pelanggan yang akan kita cari .
Keempat: Pelihara Pelanggan Ideal Anda
Cara Ke Empat : Merawat Pelanggan Ideal kita
Setelah mendapatkan pelanggan yang ideal dan berkualitas kini kita tinggal merawatnya supaya pelanggan tadi bertambah nyaman , dan di harapkan bisa menarik pelanggan baru untuk usaha yang kita kembangkan .
Bagaimana Nasib Pelanggan yang kurang produktif
Biarkan saja , yang penting kita fokus ke pelanggan yang produktif maka sedikit demi sedikit pelanggan produktif akan bertambah.