Kalau Memberi Lebih Baik Kenapa Meminta

Kalau Memberi Lebih Baik Kenapa Meminta - hampir setiap hari saya mendapatkan SMS yang berisi tentang dalil dan hadist serta beberapa kalimat yang berisi tentang orang yang butuh bantuan .

Bukan masalah jika saya pikir orang ini mengingatkan saya untuk bersedekah juga bukan suatu dosa mungkin , jika orang ini mengajak saya untuk berbuat baik . Memang faktanya memberi bantuan itu suatu ajaran yang baik , baik menurut agama ataupun hukum masyarakat . berikut ini ada beberapa kalimat yang pernah saya hafal waktu dulu sekolah di sekolah dasar :

Tidak berlebihan , bahwa kalimat di atas tersebut berisi anjuran sekaligus nasehat yang mendalam , terkait dengan kematian dan amal yang kita bawa kelak setelah mati .
1. Sodaqoh Jariyah
2. Ilmu yang bermanfaat
3. Do'a anak soleh.
Ketiga poin di atas adalah amal yang bisa kita bawa kelak di akherat. Masalah ketiga amal itu harus di lakukan semua atau salah satunya saja sudah cukup saya kurang begitu paham . 

Semua setuju bahwa Sodaqoh atau bahasa umumnya memberi pertolongan itu sifat terpuji, tapi saya yakin bahwa memberikan sesuatu itu tentu juga ada syarat rukunya . ( bukan mempersulit orang sodaqoh ) cuma buat antisipasi Manusia tamak yang meminta bantuan orang lain atas nama sodaqoh padahal karena tamak.

Lebih baik saya di bilang pelit daripada memberikan sesuatu kepada orang yang bukan haknya . Terkait sms minta sodaqoh yang beredar jujur saja saya sangat menyayangkan hal itu , saya yakin hadist rosul bukan untuk meminta minta tapi untuk memberi pemahaman bahwa memberi itu termasuk ibadah. Saya percaya bahwa hadist tersebut bukan untuk mendukung ketamakan berharap bantuan orang lain, saya juga percaya bahwa hadist itu bukan untuk di jadikan mesin penghancur orang yang di anggap mampu pun juga bukan sebagai benteng pelindung orang miskin yang malas. Jadi ada baiknya penggalangan dana itu di lakukan dengan baik , baik secara hukum, adab dan syari'at. mengingat islam adalah agama yang baik jadi jangan salah gunakan ajaranya untuk hal yang kurang baik nanti jadinya akan kurang baik.