TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Keempat

TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI  
Kelompok Keempat

Kelompok ini melampaui yang diatas. Mereka melakukan kebajikan amal dan mencari rizki halal, sibuk mengosongkan hati sehingga di antara mereka mengira telah sampai pada tahap-tahap zuhud, tawakal, ridha, dan cinta, tanpa berpijak pada hakikat tahapan-tahapan tersebut, syarat-syarat, tanda-tanda dan bahaya-bahayanya.

Diantaranya ada yang mengaku mengalami ekstase dan mencintai Allah, dan ia menduga ia dilimpahi kecintaan Allah. Barang kali orang ini menghayalkan Allah dengan khayalan yang runyam, dan tentu suatu bid’ah dan kekufuran, lantas ia mengaku mencintai Allah sebelum ma’rifat kepada-Nya. Dan hal ini demikian sama sekali tidak terproyeksikan. Bahkan ia senantiasa menjalani apa yang dibenci Allah, memprioritaskan hawa nafsu atas perintah-perintah Allah, dan meninggalkan sejumlah persoalan yang dilakukan sekadar malu terhadap orang lain. Seandainya berada dalam kesendiriannya, ia tak pernah malu. Ia pun tidak tahu bahwa tindakannya itu bisa merusak cintanya terhadap Allah.

Ada juga yang cenderung berlagak tawakal dan menerima apa adanya, lalu memasuki dari satu kampung ke kampung lain tanpa bekal, agar tawakalnya benar. Sementara ia tidak tahu bahwa tindakannya itu merupakan bid’ah yang tak pernah dilakukan oleh para sahabat maupun generasi salaf. Padahal para sahabat dan Ulama salaf itu paling tahu soal tawakal. Bahwa tawakal itu tidak pernah dipahami dengan kekhawatiran-kekhawatiran ruh dan meninggalkan bekal. Mereka mengambil bekal namun bertawakal kepada Allah, bukan pada bekal tersebut. Sebaliknya orang tadi bertawakal denagn tanpa bekal, yang berarti tawakal kepada sebab-sebab (makhluk) yang dianggap memberi kekuatan.

Setiap tahap atau maqam-maqa yang menyelamatkan pasti ada ujian, dan dalam menghadapi ujian ini banyak kaum sufi terpedaya. Kami telah menguraikan menganai gerbang-gerbang bencana di dalam tahapan tersebut yang ada dalam seperempat kitab Al-Ihya’, yakni rub’ul munjiyat.
Di Kutib Dari : 
Imam Ghazali
Kaidah-Kaidah Sufi
Keluar Dari Kemelut Tipu Daya

  1. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Pertama - New !!
  2. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kedua - New !!
  3. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Ketiga - New !!
  4. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Keempat - New !!
  5. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kelima - New !!
  6. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Keenam - New !!
  7. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Ketujuh - New !!
  8.  TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kedelapan - New !!
  9. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kesembila - New !!