TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok Keenam

TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN 
 Kelompok Keenam

Dari kalangan awam, hartawan dan kalangan orang-orang miskin. Mereka terpedaya dengan menghadiri majelis dzikir, dengan suatu keyakinan bahwa keikutsertaannya ibu bisa menjadikannya kaya dan cukup. Lalu kegiatan itu dijadikan tradisi dengan asumsi bahwa tindakannya mendapat pahala karena mengikuti dan mendengarkan pengajian, tanpa harus beramal dan meminta nasihat. 

Mereka terpedaya semua. Sebab keutamaan majelis tersebut bisa berhasil manakala muncul suatu kebjikan dan manakala kebajikan itu tak ada, berarti kebajikan disana sirna pula. Kecintaan terhadap majelis dzikir memang terpuji, karena bisa mendorong amaliyah. Manakala tidak ada dorongan untuk mengamlakan ilmunya, berarti perilakunya tersebut tidak baik. Kadang-kadang mereka terpedaya oleh nasihat yang didengarkannya, lantas ikut-ikutan tenggelam dalam emosi selayaknya kaum perempuan, dengan turut menangis.

 Ketika mendengarkan wejangan yang menakutkan kadanng-kadang mendesis dan berkata, “Selamatkanlah ... selamatkanlah kami ... Na’udzubillah ... Hasbiyallah, dan Lahaula wala quwwata illa billah!” dan sebagainya, dengan dugaan akan mendapatkan kebaikan, padahal ia sedang terpedaya. Ia ibarat orang sakit yang menghadiri forum para dokter dan mendengarkan ulasan mereka seputar terapi dan obat-obatan, namun sama sekali ia tidak melakukan nasihatnasihat dokter tersebut, dengan menduga bahwa ia bisa lebih ringan tanpa beban. Ia juga seperti orang lapar yang berada dalam forum ahli makanan yang lezat-lezat. 

Maka, setiap saran yang sama sekali tidak bisa merubah diri anda, sampai akhirnya menghadap kepada Allah ‘Azza wa Jalla, dan anda meninggal dunia menghadap Allah dengan sepenuhnya – seandainya anda tidak mempraktikkan saran dan nasihat tersebut – maka tindakan anda itu kelak akan menjadi hujjah yang memberatkan diri anda. Eandainya anda hanya memandang saran itu hanya sebagai sarana saja, berarti anda terpedaya.

Di Kutib Dari :
Imam Ghazali
Kaidah-Kaidah Sufi
Keluar Dari Kemelut Tipu Daya

  1. TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok pertama - New !!
  2. TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok kedua - New !!
  3. TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok Ketiga - New !!
  4.  TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok Keempat - New !! 
  5.  TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok Kelima - New !!
  6. TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok Keenam - New !!