Kalangan yang terpedaya dalam Tasawufnya

 Kalangan yang terpedaya dalam  Tasawufnya
Ada kelompok umat yang zuhud dengan harta benda, namun menerima pakaian dan makanan dengan cara yang hina, menempati masjid-masjid sebagai tempat tinggalnya. Mereka menyangka telah sampai pada tahap seorang zuhud, sementara mereka senang dengan posisi dan pangkat.

 Posisi kepemimpinan bisa diraih melalui antara lain, melaluui ilmu pngtahuan atau nasehat yang diberikan atau melaluui sikap zuhudnya itu. Mereka lebih memilih kehinaan menuju kehancuran terbesar. Sebab posisi tahta lebih besar nilainya dibanding harta. Seandainya orang harus memilih jalan selamat, apakah ia harus memilih harta atau tahta, pasti yang lebih mendekati selamat adalah harta.

Mereka semua terkena tipudaya. Mereka menyangka sebagai para zuhudduniawi, tetapi merka tidak tahu apa sebenarnya duniawi itu, sebab mereka seringkali memprioritaskan orang-orang kaya dibanding orang miskin.

Diantara mereka ada yang kagum terhadap ilmu pengetahuannya sendiri, ada pula yang mmprioritaskan khalwat dan ‘uzlah, namun tindakannya tidak memenuhi syarat-syaratnya. Di antara mereka ada yang ketika diberi harta menolak, karena tukut kalau zuhudya batal, padahal sebenarnya cinta terhadap harta, hanya karena khawatir dicaci orang lain ia menolak harta tersebut.

Di Kutib Dari :
Imam Ghazali
Kaidah-Kaidah Sufi
Keluar Dari Kemelut Tipu Daya

  1. Kalangan yang terpedaya dalam Dakwahnya - New !!
  2. Kalangan yang terpedaya dalam Tasawufnya - New !!
  3. Kalangan yang terpedaya dalam Umrohnya - New !!
  4. Kalangan yang terpedaya dalam Amaliyah Fisik - New !!
  5. Kalangan yang terpedaya dalam Hajinya - New !!
  6. Kalangan yang terpedaya dalam Ibadah Sunnahnya - New !!
  7. Kalangan yang terpedaya dalam membaca al-qur’an - New !!
  8. Kalangan yang terpedaya dalam puasanya - New !!
  9. TIPUDAYA PADA KALANGAN AHLI IBADAT DAN AHLI AMAL - New !!