TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok kedua

TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN
Kelompok kedua

Bisa jadi mereka mencari harta secara halal dan menjauhi harta haram, lantas menginfakkannya ke masjid-masjid. Namu mereka ini masih terpedaya dua hal: pertama, riya’ dan ambisi populer serta pujian. Padahal ttangganya atau di desanya ada banyak fakir miskin, sementara mendistribusikan harta bagi mereka lebih pnting. 

Sedangkanmasjid-masjid jumlahnya sangat banyak, tujuannya adalah masjid jami’, sementara yang lain sudah cukup. Bukannya membangun masjid untuk setiap gang dan lorong, padahal para fakir miskin sangat membutuhkan hartanya. Bahwa mereka memprioritaskan membangun masjid semata karena kebutuhan agar populer dikalangan manusia. Ia tidak mau mendengar pujian terhadap orang lain. Mereka menduga beramal karena Allah padahal mereka beramal karena selain Allah. Niatnya gamblang, yaitu emosional, sembari berkata “Ini saya lakukan semata karena Allah SWT.

Kedua, mereka berinfak disudut-sudut masjid, lantas hartanya itu dibungkus dngan ukiran-ukiran yang dilarang, yang bisa mngalihkan perhatian orang yang shalat dalam khusyu’nya sebab mereka pasti melihat ukiran indah dalam bungkus atau kotak amal itu, sampai hatinnya berpaling dari kekhusyu’an yang merupakan tujuan shalat itu sendiri. 

Setiap yang terjadi diluar atau di dalam shalatnya, menjadi kritria yang dibangunnya, karena ada yang berpendapat masjid itu tidak boleh dihias-hiasi. Al-Husain r.a berkata, ketika Rasulullah SAW ingin membangun masjidnya di Madinah, Jibril datang dan berkata, “Bangunlah setinggi tujuh dzira’ ke arah langit dan janganlah dihias-hias, jangan pula digambar-gambar.” Namun mereka ini malah melihat kemungkaran sebagai kebaikan dan berkenan padanya. Tentu mereka trkena tipudaya.
Di Kutib Dari :
Imam Ghazali
Kaidah-Kaidah Sufi
Keluar Dari Kemelut Tipu Daya

  1. TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok pertama - New !!
  2. TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok kedua - New !!
  3. TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok Ketiga - New !!
  4.  TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok Keempat - New !! 
  5.  TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok Kelima - New !!
  6. TIPUDAYA TERHADAP KAUM HARTAWAN Kelompok Keenam - New !!