TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Keenam

TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI 
Kelompok Keenam

Ia mengaku berakhlak baik, tawadhu’ dan penuh toleransi. Mereka bermaksud berbakti untuk kaum sufi. Mereka lantas mengumpulkan orang banyak dan memaksa mereka agar berbakti kepada kaum sufi, sebagai cara untuk berdalih, demi duniawi dan harta benda. 

Tujuannya adalah memperbanyak massa dan nama besar. Mereka menampakkan khidmat dan tawadhu’, sedangakan mereka menuntut orang lain dengan tujuan saling mengasihi dan saling mengikuti. Mereka menampakkan bahwa tujuannya adalah berbakti, sementara mengumpulkan pula harta haram dan syubhat agar bisa dinafkah kan kepada mereka, hingga pengikutnya berjumlah besar, lantas khidmahnya itu agar ia disebut-sebut di mata mereka (para sufi).

Dalam kategori kalangan ini ada yang mengambil harta penguasa lantas diinfakkan pada kalangan sufi. Ada juga yang mendapatkan harta dari para sultan dan orang zalim untuk diberikan kepada kaum sufi dengan menghajikan mereka. Dan mereka menyangka tindakannya itu adalah kebaikan dan infak.

Motivasi keseluruhannya di dorong oleh riya’ dan ambisi popularitas. Berarti mereka telah mengabaikan perintah-perintah Allah, dengan kerelaan mereka meraih barang haram dan menginfakkan barang haram tersebut. Orang yang menginfakkan harta haramnya untuk perjalanan haji, adalah seperti orang yang membangun masjid, sementara tanah yang digunakan untuk luluh bangunan itu dari kotoran yang najis, lalu mengira ia telah membangun masjid itu.
Di Kutib Dari : 
Imam Ghazali
Kaidah-Kaidah Sufi
Keluar Dari Kemelut Tipu Daya

  1. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Pertama - New !!
  2. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kedua - New !!
  3. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Ketiga - New !!
  4. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Keempat - New !!
  5. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kelima - New !!
  6. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Keenam - New !!
  7. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Ketujuh - New !!
  8.  TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kedelapan - New !!
  9. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kesembila - New !!