TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Ketiga

TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI 
Kelompok Ketiga

Mengaku memiliki ilmu mukasyafah dan mampu musyahadah dengan Allah, melampaui tahapan-tahapan sufistik, wushul, dan menetapi realitas penyaksian, wushul sampai dekat. Padahal mereka ini tidak pernah wushul kepada Allah kecuali hanya kata-kata verbal dan nama saja. Lantas mereka menelan kata-kata yang dianggap baik, dengan mengulang-ulangnya. Mereka sangka kata-kata itu dari ilmu tertinggi generasi awal dan akhir kaum sufi. 

Bisaanya mereka ini memandang para Ulam fikih, ahli qiraat, ahli hadits dan kalanagn Ulama lain sebelah mata apalagig memandang kaum awam. Orang-orang yang sudah untung meninggalkan keuntungannya dan orang yang sombongpun meninggalkan kesombongannya, lantas mengikuti mereka berhari-hari ikut mnelan kata-kata yang kosong, dan anda bisa melihat tokoh-tokoh ini, bicara dengan mengulang-ulang sekan menerima wahyu, mengisahkan rahasia-rahasia, menghina Ulama dan para ahli ibadat. Ia mengatakan pada ahli ibadat, “Upah-upah mereka adalah kepayahan”. Sedangkan kepada para Ulma mengatakan, “Mereka sebenarnya tertutup oleh hadits”.

Mereka ini mengaku bahwa dirinya telah sampai kepada Allah dan tergolong orang-orang muqarrabun, padahal disisi Allah tak lebih dari penghianat yang mungkar dan munafik. Sedangkan dalam pandangan ahli mata hati, mereka ini adalah golongan yang bodoh dan sombong, sama sekali tidak memiliki pengetahuan dan tidak bersih akhlaknya, tidak tertib ilmunya dan tidak mengintrospeksi jiwa kecuali hanya mengikuti hawa nafsu dan menelan iagauan. Seandainya ia mau aktif dalam kegiatan yang berguna tentu lebih baik.
Di Kutib Dari : 
Imam Ghazali
Kaidah-Kaidah Sufi
Keluar Dari Kemelut Tipu Daya

  1. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Pertama - New !!
  2. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kedua - New !!
  3. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Ketiga - New !!
  4. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Keempat - New !!
  5. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kelima - New !!
  6. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Keenam - New !!
  7. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Ketujuh - New !!
  8.  TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kedelapan - New !!
  9. TIPUDAYA TERHADAP KAUM SUFI Kelompok Kesembila - New !!